PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE DEMONTRASI DAN VIDEO TEKNIK HEIMLICH MANEUVER TERHADAP SIKAP IBU DALAM PENANGANAN TERSEDAK PADA BALITA USIA (1-5 TAHUN) (DI POSYANDU DESA KAUMAN) (KECAMATAN KAUMAN) TAHUN 2023


  • (1)  Anang Prasetyo            STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung  
            Indonesia

  • (2) * Suciati              
            Indonesia

  • (3)  Surtini            STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung  
            Indonesia

  • (4)  Suharyoto            STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Tersedak merupakan kondisi gawat darurat yang harus cepat ditangani. Bila dibiarkan terlalu lama tubuh bisa mengalami kekurangan oksigen (hipoksia) dan dapat mengakibatkan kematian. Salah satu solusi dengan cara meningkatkan sikap ibu dalam penanganan tersedak metode demontrasi dan video teknik heimlich manuever. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Dan Video Teknik Heimlich Manuever Terhadap Sikap Ibu Dalam Penanganan Tersedak Pada Balita Usia (1-5 Tahun) Di Posyandu Desa Kauman Kecamatan Kauman Tahun 2023.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-eksperimental dengan desain one group pre-post test dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling dengan seluruh populasi sejumlah 43 responden. Pengambilan data menggunakan lembar kuisioner, pengolahan data menggunakan uji statistic wilcoxon dengan program SPSS.

Berdasarkan hasil penelitian uji statistic Wilcoxon Test dimana tingkat kemaknaan atau a=0,05 diperoleh P value=0,00 sehingga P value < nilai α atau 0,00 < 0,05 disimpulkan bahwa HO ditolak, Hl diterima artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan metode demonstrasi dan video teknik heimlich manuever terhadap sikap ibu dalam penanganan tersedak pada balita usia (1-5 tahun). Dengan hasil sikap ibu sebelum tindakan sebagian besar responden penelitian mempunyai sikap baik dalam penanganan tersedak dengan berjumlah 24 responden (55,8%). Sedangkan sesudah tindakan hampir seluruhnya responden penelitian mempunyai sikap sangat baik dalam penanganan tersedak pada balita usia (1-5 tahun) dengan berjumlah 33 responden (76,7%).

Disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan tentang penanganan tersedak metode demonstrasi dan video teknik heimlich manuever memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap sikap ibu dalam penanganan tersedak pada balita usia (1-5 tahun). Dengan ini ibu dapat memperdulikan pendidikan dan tahu mengenasi sikap kasus tersedak pada balita supaya tidak menjadi dampak yang negatif

References

American Academy of Pediatrics. (2018). Prevention Of Choking Among American Academy of Pediatrics, 601-607
American heart association. 2015. Fokus utama CPR & ECC.
Arora. 2011. Pertolongan pertama. Jakarta. EGC
B. Sutomo. 2010. Menu Sehat Alami Untuk Balita Dan Batita. Jakarta: Demedia
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.
Denny, S. A., Hodges,N. L., & Smith,G.A. (2015). Chocking in the Pediatric Population. American Journal of Lifestyle Medicine, 9(6), 438-441
Dila Adila. 2014. Pengaruh Penyuluhan Teknik Pijat Bayi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pijat Bayi Padaibu Di Puskesmas Tega Rejo Yogyakarta. Stikes Aisyiyah Yogyakarta
Edwina. 2010. Pertolongan pertama dan bedah klinis. Jakarta: Refika Aditama
Falasifah (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Leaflet Berbasis Sejarah Lokal dengan Materi Pertempuran Lima Hari di Semarang pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Ajaran 2013/2014. (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Humardani, A.. (2013). Hubungan Pengetahuan tentang Peran Perawat UGD dengan Sikap dalam Penanganan Pertolongan Pertama pada Pasien Gawat Darurat Kecelakaan Lalulintas di RSU Darmayu, RSUA Dr. Sutomo, RSUA Dipenegoro, RSU Muslimat di Ponorogo. Ponorogo: FIK Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Jackob, Annamma.; Rekha, R,; & Tarachnand, Jadhav. (2014). Buku Ajar Clinical Nursing Procedures Jilid Dua. Tanggerang Selatan: Binarupa Aksara.
Lansky. 2007. Pertolongan pertama pada audience tersedak. Jakarta : Refika Aditama
Margareta, Shinta. 2012. Buku Cerdas P3k : 101 Pertolongan Pertama pada Kecelakaan. Yogyakarta : Niaga Swardaya
Megatsari, H., & Deliana, L. A. (2014). Pengaruh Pembelajaran Metode Snow Ball Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Tentang Dbd. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 2(1), 49–57.
Mitayani. 2010. Buku Saku Ilmu Gizi. Jakarta: Tim.
Notoatmodjo. 2012. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rhineka cipta
Notoadmodjo. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan.
Novitasari. (2016). Pengaruh tentang pendidikan kesehatan tentang penanganan anak tersedak benda asing pad balita terhadap selfefficacy di posyandu desa pelem Magetan.
Putra, Chlivisia Charnovan. 2015. Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku Ibu tentang pertolongan pertama pada audience tersedak Di posyandu dusun sadon sawahan ngemplak Boyolali. STIKes Kusuma Husada Surakarta.
Pearce,E.C. 2009. Anatomi Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rahmayanti, K. A. (2018). Hubungan Sikap Ibu Tentang Asi Eksklusif Dengan Perilaku Pemberian Asi Eksklusif Di Desa Sendangrejo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Jurnal Kesehatan Universitas Muhammaddiyah Semarang, 7–35.
Rintawan. Corona, Dkk. (2017). Basic Cardiac Life Support (BCLS) Automated External Defibrllation (AED) Modul Pelatihan. Jawa Timur: Tim Pelatihan RSMIA
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suliha, uha. 2017. Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC
Sulistiana, Adila, D. R., & Niriyah, S. (2019). “Pengalaman ibu dalam penanganan tersedak pada bayi”. Journal of Nursing Sciences, vol 8 No 2.
Sumantri. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan.pdf (I). Jakarta: kencana
Sumarningsih D. 2015. Pengaruh Edukasi Keluarga Tentang Pencegahan dan Penanganan Tersedak Pada Anak Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Keluarga Dusun Ngebel RT 09 Tamantirto Kasihan Bantul. Skripsi. Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyah
Ulger, H. (2016). Complications Of The Heimlich Maneuver: Isolated Sternum Fracture. Journal Of Emergency Medicine Case Reports, 7(1), 15-16
Wawan, A & Dewi, M. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Cetakan II. Yogyakarta : Nuha Medika
Wiwi, A. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Sikap Masyarakat Tentang Skistosomiasis di Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah Tahun 2015. Ilmu Kedokteran, 53(9), 1689–1699.
Wulandari, T. S., Anisah, R. L., Fitriana, N. G., & Purnamasari, I. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leaflet Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Perilaku Dalam Upaya Menerapkan Protokol Kesehatan Pada Pedagang Di Car Free Day Temanggung. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(2), 6–15.
Yayasan ambulans gawat darurat 118. 2015. Basic trauma life support and basic cardiac life support. Jakarta: Ambulans gawat darurat 118
Yulianingsih Nengsih. 2017. Self Help Emeregency. Yogyakarta: Permata Ilmu.
Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2024-07-31
 
Section
Articles