Anang Prasetyo (1), Suciati (2), Surtini (3), Suharyoto (4)
Tersedak merupakan kondisi gawat darurat yang harus cepat ditangani. Bila dibiarkan terlalu lama tubuh bisa mengalami kekurangan oksigen (hipoksia) dan dapat mengakibatkan kematian. Salah satu solusi dengan cara meningkatkan sikap ibu dalam penanganan tersedak metode demontrasi dan video teknik heimlich manuever. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Dan Video Teknik Heimlich Manuever Terhadap Sikap Ibu Dalam Penanganan Tersedak Pada Balita Usia (1-5 Tahun) Di Posyandu Desa Kauman Kecamatan Kauman Tahun 2023.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-eksperimental dengan desain one group pre-post test dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling dengan seluruh populasi sejumlah 43 responden. Pengambilan data menggunakan lembar kuisioner, pengolahan data menggunakan uji statistic wilcoxon dengan program SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian uji statistic Wilcoxon Test dimana tingkat kemaknaan atau a=0,05 diperoleh P value=0,00 sehingga P value < nilai α atau 0,00 < 0,05 disimpulkan bahwa HO ditolak, Hl diterima artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan metode demonstrasi dan video teknik heimlich manuever terhadap sikap ibu dalam penanganan tersedak pada balita usia (1-5 tahun). Dengan hasil sikap ibu sebelum tindakan sebagian besar responden penelitian mempunyai sikap baik dalam penanganan tersedak dengan berjumlah 24 responden (55,8%). Sedangkan sesudah tindakan hampir seluruhnya responden penelitian mempunyai sikap sangat baik dalam penanganan tersedak pada balita usia (1-5 tahun) dengan berjumlah 33 responden (76,7%).
Disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan tentang penanganan tersedak metode demonstrasi dan video teknik heimlich manuever memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap sikap ibu dalam penanganan tersedak pada balita usia (1-5 tahun). Dengan ini ibu dapat memperdulikan pendidikan dan tahu mengenasi sikap kasus tersedak pada balita supaya tidak menjadi dampak yang negatif